Senin, 04 April 2016

TAHUKAH ANDA...!!! 17 KEUTAMAAN MEMBACA AL QURAN SETIAP HARI, TOLONG DI SHARE YA SEMOGA BERMANFAAT DAN MENAMBAH KEIMANAN KITA. AMIIIN...


Kajian Islam – Pada kesempatan ini kita akan mempelajari Keutamaan membaca Al Quran. Pertanyaan nampak, Sudahkah anda membaca al quran hari ini? Berapakah ayatkah yang anda baca sehari-hari? Atau mungkin sekalipun anda lupa atau mungkin dengan berniat mengabaikannya?

Terkadang tanpa ada kita sadari, dengan jadi tambah banyak kegiatan sehari-harinya kita, seakan kita lupa dengan Al Quran yang kita simpan diatas meja kita, almari atau munngkin dalam saku kita.

Seolah cuma jadi hiasan ataupun pajangan di antara buku-buku serta majalah yang lain astaghfirullah.. Sungguh rugi untuk mereka yang jauh dari lantunan serta bacaan al quran.

Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya siapa saja yang dalam dianya tidak ada bacaan al quran jadi ia seperti tempat tinggal yang rubuh”

Keutamaan Membaca Al Quran dalam islam yaitu ;

 1. Sebaik-

baik manusia yang pelajari serta mengajarkan alquran
Sabda Nabi Muhammad saw : “Sebaik-baik kalian yaitu siapa yang memperlajari al-Qur’an serta mengamalkannya. ” (HR. Bukhari)

 2. Pahala membaca Al Quran

Sabda Nabi Muhammad saw : “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), jadi baginya satu kebaikan, serta satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. ” (HR. At-Tirmidzi).

 3. Keutaman membaca Al Quran, Menghafalnya serta pintar membacanya

Sabda Nabi Muhammad saw : “Perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an tengah ia hafal dengannya berbarengan beberapa malaikat yang suci serta mulia, tengah perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an tengah ia selalu mengerjakannya walau hal semacam itu susah baginya jadi baginya dua pahala. ” (Muttafaq ‘alaih).

 4. Pahala untuk orang yang anaknya pelajari Al Quran

“Siapa saja membaca al-Qur’an, pelajarinya serta mengamalkannya, jadi dipakaikan pada ke-2 orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari sinar serta sinarnya seperti cahaya matahari, serta dipakai pada ke-2 orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tak tertandingi oleh dunia. Keduanya juga ajukan pertanyaan, ‘bagaimana dipakaikan kepda kami semua itu? ’ Dijawab, ‘karena anakmu sudah membawa al-Qur’an”. (HR. Al-Hakim).

 5. Al Quran berikan syafa’at pada ahlinya di akhirat

Sabda Nabi Muhammad saw : “Bacalah al-Qur’an lantaran ia akan tiba pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at pada beberapa ahlinya. ” (HR. Muslim) Serta sabda beliau Nabi Muhammad saw : “Puasa serta Al-Qur’an keduanya bakal memberi syafa’at pada seseorang hamba pada hari kiamat…” (HR. Ahmad serta Al-Hakim).

 6. Pahala untuk orang yang berkumpul untuk membaca dn mengkajinya

Nabi Muhammad saw bersabda : “Tidak berkumpul sauatu golongan di satu diantara tempat tinggal Allah SWT, tengah mereka membaca kitab-Nya serta mengkajinya, tetapi mereka bakal dilimpahi ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi beberapa malaikat, serta disanjungi oleh Allah dihadapan beberapa makhluk serta di sisi-Nya. ” (HR. Abu Dawud).

 7. Bisa menentramkan hati

“ (yakni) beberapa orang yang beriman serta hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, cuma dengan mengingati Allah-lah hati jadi tenteram. ” (QS. 13 : 28).

 8. Bisa mengobati penyakit

“Hendaknya anda memakai ke-2 obat-obat : madu serta Al-Qur’an” (HR. Ibnu Majah serta Ibnu Mas’ud).

 9. Pembaca Al Quran dikurniakan hatinya dengan sinar oleh Allah SWT serta dipeliharanya dari kegelapan

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra yang tujuannya : “Bahwa Rasulullah saw bersabda : “Siapa yang medengar satu ayat dari pada Kitab Allah Ta’ala (al-Qur’an) ditulis baginya


satu kebaikan yang berlipat-lipat. Siapa yang membacanya juga, baginya cahanya di hari kiamat. ”

 10. Pembaca Al Quran peroleh kemulian serta di beri rahmat pada ibu bapaknya

Nabi Muhammad saw bersabda tujuannya : “Siapa yang membaca Al-Qur’an serta beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan ke-2 ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) tambah baik dari sinar matahari di beberapa tempat tinggal dunia. Kalaulah sekian itu matahari ada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), jadi apa sangkaan anda pada yang beramal dengan adanya ini (al-Qur’an). ” (HR. Abu Daud).

 11. Pembaca Al Quran peroleh kedudukan yang tinggi dalam syurga

Bersabda Rasulullah saw yang tujuannya : Disebutkan pada pembaca al-Qur, an : “Bacalah (al-Qur’an), naiklah (pada darjat-darjat syurga) serta bacalah dengan tartil seperti engkau membacanya dengan tartil di dunia. Sebenarnya kedudukan drajatmu hingga kandungan akhir ayat yang engkau baca. ” (HR. Ahmad).

 12. Membaca satu huruf Al Quran bakal peroleh sepuluh kebaikan

Rasulullah saw bersabda : “Barang siapa yang membaca satu huruf kitab Allah, jadi ia bakal memperoleh satu kebaikan dengan huruf itu, serta satu kebaikan bakal dilipatgandakan jadi sepuluh. Saya tidaklah menyampaikan Alif Laam Miim itu satu huruf, namun alif satu huruf, lam satu huruf serta Mim satu huruf. ” (HR. Tirmidzi).

 13. Orang yang membaca Al Quran dengan cara terang-terangan seperti bersedekah dengan cara terang-terangan

Rasulullah saw bersabda : “Orang yang membaca Al-Qur’an terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, orang yang membaca Al-Qur’an dengan cara tersembunyi seperti orang yang bersedekah dengan cara sembunyi. ” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi serta Nasa’i, saksikan shahihul jaami’ : 3105).

 14. Al Quran bakal jadi syafaat untuk orang yang membacanya

Rasulullah SAW bersabda dalam satu diantara hadistnya “Bacalah Al Quran lantaran ia akan tiba pada hari kiamat untuk berikan syafaat pada orang yang sudah membaca serta mengamalkan isinya”

 15. Al Quran yaitu sinar ditengah kegelapan

Sabda Rasulullah saw, ”Aku wasiatkan pada kalian supaya bertakwa pada Allah serta Al Qur’an sebenarnya ia yaitu sinar kegelapan, panduan di siang hari jadi bacalah dengan sungguh-sungguh. ” (HR. Baihaqi)

 16. Ahlul Quran yaitu keluarga Allah SWT

Sabda Rasulullah saw, ”Sesungguhnya Allah memiliki keluarga dari kelompok manusia. ’ Beliau saw di tanya, ’Siapa mereka wahai Rasulullah. ’ Beliau saw menjawab, ’mereka yaitu Ahlul Qur’an, mereka yaitu keluarga Allah serta beberapa orang khusus-Nya. ” (HR. Ahmad serta Ibnu Majah)

 17. Yang mahir membaca dia bakal berbarengan malaikat, serta yang terbata-bata memperoleh dua pahala

Sabda Rasulullah SAW “Orang yang mahir membaca Al-Qur’an nantinya (memperoleh tempat disurga) berbarengan beberapa utusan yang mulia lagi baik. Sedang orang yang membaca Al-Qur’an serta masihlah terbata-bata, serta terasa berat serta sulit, jadi dia memperoleh dua pahala. ”

Dua pahala ini, satu diantaranya adalah balasan dari membaca Al-Qur’an tersebut, sedang yang ke-2 yaitu atas kesulitan serta keberatan yang dirasa oleh pembacanya.

Baca Juga : Keutamaan Pelajari Al Quran

Sekian sebagian keutamaan yang Allah berikanlah pada beberapa orang yang membaca al quran sekalian mengamalkan isi kandungannya. Mudah-mudahan tulisan ini bisa mengingatkan kita selalu untuk membaca al quran kapan serta dimana saja ada. Diriwayatkan dari Abu Hurairah kalau Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya tempat tinggal yang di dalamnya dibacakan surat Al-Baqarah, akan tidak dapat dimasuki setan. ” (HR. Muslim)

Bacalah al quran… bacalah serta amalkanlah kandungan isi yang ada pada al quran itu, pasti kita semuanya nanti bakal termasuk juga orang- orang yang mujur nantinya dihari akhir kelak. mudah-mudahan dengan membaca artikel diatas
dapat memberi wawasan dunia islam kita.


sumber:http://www.kepo-sehat.com/2016/04/tahukah-anda-17-keutamaan-membaca-al.html

Tidak ada komentar: