Minggu, 08 Mei 2016

Banyak Dari Kita Yang Melakukannya..!!! Inilah Sebabnya Mengapa Tidak Boleh Tidur Lagi Sesudah Sholat Subuh?

Imam Ibnul Qayyim menyampaikan dalam kitabnya Zaadul Ma’aad, bahwasannya orang yang tidur pada pagi hari bakal menghalanginya dari memperoleh rizki. Lantaran saat subuh yaitu saat dimana makhluk mencari rizkinya, serta pada saat itu Allah membagi rizki beberapa makhluk.

Serta beliau menukil dari Ibn ‘Abbas radliyallahu ‘anhu bahwasannya dia lihat anaknya tidur di saat pagi jadi ia berkata pada anaknya ‘bangunlah engkau! Apakah anda bakal tidur sesaat saat pagi yaitu saat pembagian rezki? ¹


Tidur yang terlarang yaitu tidur saat usai shalat shubuh sampai matahari terbit. Lantaran pada saat itu yaitu saat untuk memetik ghonimah (pahala yang berlimpah). Isi saat itu yaitu keutamaan yang begitu besar, menurut beberapa orang shalih. Hingga jika mereka lakukan perjalanan semalam jemu, mereka tidak ingin tidur di saat itu sampai terbit matahari. Mereka lakukan sekian lantaran saat pagi yaitu saat terbukanya pintu rizki serta datangnya barakah (banyak kebaikan). ”

Dalam hadits Rasulullah Shallallahu’ alahi wassallam yang shahih yaitu
“Ya Allah berikanlah barokah pada umatku pada pagi harinya”
HR. Abu Dawud no. 2606, Tirmidzi no. 1212, Ibnu Majah no. 2236, shahihAt-Targhiib waTarhiib no, 1693

Serta hadits

“Diberikan barakah pada ummatku pada pagi harinya”
HR. Abu Dawud at-Thaayalisy dishahihkan Syaikh Alalbani dalam ShahihJami’ush Shaghir no. 2841

Rasulullah Saw. bersabda :

“Seusai shalat fajar (subuh) jangan sampai anda tidur hingga melalaikan anda untuk mencari rejeki. ” (HR. Thabrani)


Jangan sampai anda tidur, demikian sabda Rasulullah Saw. untuk kita, selesai shalat subuh. Lantas, apa yang kita kerjakan selesai shalat subuh? Beberapa hal yang bisa kita kerjakan. Sesudah shalat subuh berjamaah di masjid, kita dapat duduk di ruangan tamu untuk membaca Al-Qur’an. Kemudian, buka semua jendela serta bersihkan tempat tinggal. Atau, mengawali semua kesibukan yang butuh untuk kita kerjakan pada pagi hari.

Sehubungan dengan isi saat sesudah shalat subuh ini, dalam


satu hadits yang diriwayatkan oleh Muslim di sampaikan, “Peliharalah saat itu dengan mengisinya lewat tilawah Al-Qur’an satu juz dalam sehari, berdzikir atau menghafal. Berikut yang dikerjakan Rasulullah Saw. usai menunaikan shalat subuh, kalau beliau duduk ditempat shalatnya sampai terbit matahari. ”

Ada satu amalan yang begitu besar fadhilahnya jika dikerjakan seorang dalam rencana manfaatkan saat di pagi hari ini. Hal semacam ini bisa kita kenali dari satu hadits, yaitu dari Anas bin Malik r. a., ia berkata kalau Rasulullah Saw. sudah bersabda :

“Barangsiapa shalat fajar (shalat subuh) berjamaah di masjid, lalu tetaplah duduk berdzikir mengingat Allah, sampai terbit matahari lantas shalat dua rakaat (shalat dhuha), jadi seolah-olah ia memperoleh pahala haji serta umrah dengan prima, prima, serta prima. ” (HR. Tirmidzi)

Subhânallâh…! Begitu besar pahala orang shalat subuh dengan berjamaah di masjid, lalu tetaplah duduk untuk berdzikir sampai terbit matahari, lalu dilanjutkan dengan shalat dhuha, seolah ia memperoleh pahala haji serta umrah dengan prima. Begitu besar pahalanya. Dapatkah kita mengamalkanya? Bila tak dapat sehari-hari, sekurang-kurangnya satu minggu sekali saat kita libur serta tak mesti berpagi-pagi untuk pergi bekerja. Terlebih sebagai karyawan, naik bus kota, serta tinggal di Jakarta, umumnya harus pergi lebih pagi supaya tak terjerat macet.

Hal yang teramat utama dari kajian ini yaitu janganlah tidur lagi selesai shalat subuh. Marilah kita isi saat pagi itu dengan melaksanakan ibadah serta mengawali aktitivitas harian sejak pagi hari. Semakin bagus lagi, saat telah masuk saat dhuha, selekasnya kita menunaikan shalat dhuha. Dengan hal tersebut, bermakna kita sudah menyiapkan diri untuk jadi orang yang kaya lantaran saat pagi memanglah penuh keberkahan ; bermakna kita sudah betul-betul siap dalam menyongsong datangnya rejeki dari Allah Swt.

Sebelumnya kajian ini kita akhiri, perlu kiranya untuk kita untuk merenungkan apa yang disabdakan oleh Rasulullah Saw. seperti berikut :

“Bangunlah pagi hari untuk mencari rejeki serta kebutuhan-kebutuhanmu. Sebenarnya saat pagi hari ada barakah serta keberuntungan.


sumber:http://www.pusatinformasiterhangat.com/2016/05/banyak-dari-kita-yang-melakukannya.html

Tidak ada komentar: