Kamis, 07 April 2016

TOLONG DI BAGIKAN.!!!! SUBHANALLAH.!! TERYATA MASIH ADA ALQURAN TERTUA DI DUNIA DARI MASA NABI MUHAMMAD SAW,,DI TEMUKAN DI INGGRIS.!!!

Sudah seabad lamanya manuskrip berhuruf Arab tersimpan di perpustakaan University of Birmingham, Inggris. Naskah kuno -- yang ternyata yaitu segi dari Alquran -- itu awalannya sama sekali tak disadari keberadaannya.


Naskah kuno itu adalah segi dari Mingana Collection, yang terdiri atas 3. 000 dokumen dari Timur Tengah yang dihimpun oleh Alphonse Mingana, seseorang Imam Kasdim (Chaldeans) yang lahir dekat Mosul, Irak pada 1920-an.

Upayanya mengumpulkan naskah-naskah kuno di Timur Tengah disponsori oleh Edward Cadbury -- jutawan yang menjadi segi dari dinasti pembuat cokelat terkenal dunia.

Sampai satu hari, seorang peneliti doktoral atau PhD mempelajari lebih dekat laman-laman dalam manuskrip itu, ia mengambil keputusan untuk kerjakan uji penanggalan radiokarbon (radiocarbon dating). Tidak dinyana, akhirnya begitu mencengangkan.

Uji penanggalan radiokarbon membuka, naskah kuno itu sedikitnya berumur 1. 370 th., membuatnya salah satu Alquran versi paling awal. Manuskrip itu ditulis dengan huruf Hijazi -- versi awal huruf Arab.


Naskah Alquran tertua didunia diketemukan di University of Birmingham (BBC)
Pakar dari Perpustakaan Inggris atau British Library, Dr Muhammad Isa Waley mengatakan, temuan menarik itu pastinya bakal bikin umat Muslim, " bersukacita ".

Direktur koleksi khusus University of Birmingham, Susan Worrall menyampaikan, beberapa peneliti sekalipun tidak menduga umur naskah Alquran itu demikian sepuh. Bahkan 'dalam yang diimpikan terliar' mereka sekalipun.

 " Tahu bila kami mempunyai satu diantara fragmen Alquran tertua di muka Bumi, perasaan sungguh luar biasa, " kata dia seperti dimuat BBC, Rabu (22/7/2015).

Uji radiokarbon, yang dilakukan Oxford University Radiocarbon Accelerator Unit menguak, fragmen -- yang ditulis di atas lembaran kulit domba atau sapi, yakni satu diantara teks tertua Alquran yang selamat dari pergantian jaman.

Hasil tes itu menyarankan sebagian peluang, yang tunjukkan probabilitas 95 % bila perkamen itu datang dari waktu 568 dan 645 Masehi.

Uji radiokarbon memang menghasilkan bermacam peluang usia, yang tumpang tindih. Jadi, tidak mungkin untuk mengklaim bila naskah itu yakni yang tertua di dunia. Namun, penanggalan Alquran koleksi University of Birmingham -- 645 -- membuatnya jadi satu diantara yang paling kuno.

 " Naskah itu buat kita kerjakan napak tilas ke bebrapa waktu awal berdirinya agama Islam, " kata David Thomas, dosen pengetahuan mengenai Kristen dan Islam di University of Birmingham.

 " Menurut keyakinan Muslim, Nabi Muhammad terima wahyu yang lalu dibukukan

Alquran dari Saat Nabi Muhammad?

Profesor Thomas menyampaikan, berdasar pada data penanggalan radiokarbon, mungkin orang yang menulis naskah itu hidup di waktu yang sama juga dengan Rasulullah.

 " Sosok yang menulis naskah itu mungkin tahu sosok Nabi Muhammad. Ia mungkin saja bersua dengan Sang Rasul, mungkin saja saja juga mendengar selekasnya syiarnya. Penulis itu mungkin saja tahu sosok Nabi dengan cara pribadi, " kata dia.

Sang profesor memberikan, di waktu itu, sebagian ayat-ayat Alquran ditulis di perkamen, batu, daun lontar, dan tulang belikat unta, hingga akhirnya dibukukan dalam versi final yang rampung disusun pada th. 650 Masehi.


" Bagian-bagian dari Alquran yang ditulis dalam perkamen itu bisa jadi -- dengan tingkat keyakinan
khusus -- berasal dari waktu kurang dari 2 dekade setelah wafat dunianya Nabi Muhammad.

 " Bagian-bagian itu dalam formasi yang begitu dekat dengan bentuk Alquran saat ini. Hal sejenis itu mendukung keyakinan bila kitab suci itu alami perubahan sedikit, bahkan tidak ada meskipun, " lebih Thomas.

Sementara itu, Dr Muhammad Isa Waley, kurator naskah sama di British Library mengemukakan, " naskah 2 lembar itu, yang ditulis tangan dengan huruf Hijazi yang indah, hampir bisa dipastikan berasal dari waktu 3 khalifah : Abu Bakar, Umar bin Khatab, dan Usman bin Affan. " Pada th. 632 dan 656.

Dr Waley menambahkan, di bawah kepemimpinan khalifah Usman bin Affan, salinan Alquran mulai didistribusikan. Tak semua ditulis dalam lembaran kulit hewan yang awet.

 " Masyarakat Muslim waktu itu tidak cukup bisa untuk menyediakan tumpukan kulit hewan untuk di buat jadi kopian Alquran dalam jumlah besar, " kata dia.

Ia berpendapat, manuskrip yang ditemukan University of Birmingham yakni 'salinan bernilai yang selamat' dari waktu itu. Atau dapatlah lebih awal.

 " Dalam banyak hal, dengan keindahan isi dan tulisan Hijazi, yang dengan cara mengejutkan masihlah jelas terbaca, itu yakni kabar baik yang buat Umat Muslim bersuka cita. "

Tidak cuma sebagian ilmuwan yang bersuka ria, komune Muslim Inggris setempat juga mengakui bahagia. Terutama, pihak universitas menyampaikan, naskah kuno itu akan dipamerkan untuk umum.

Naskah Alquran tertua didunia diketemukan di University of Birmingham (BBC)

 " Waktu saksikan naskah itu, hatiku tergetar. Air mata kebahagiaan dari emosi jiwa yang meluap tergenang di mataku. Saya meyakini, semua orang di semuanya Inggris bakal tiba ke Birmingham untuk menyaksikannya, " kata Muhammad Afzal, pemimpin Birmingham Central Mosque.

Disamping itu, Profesor Thomas menyampaikan, pihaknya akan tunjukkan pada beberapa orang di Birmingham bila mereka memiliki " harta yang tak ada duanya ". Satu Alquran yang mungkin jadi yang tertua yang pernah diketemukan sampai sekarang ini.


sumber:http://www.mediakesehatan.tk/2016/04/tolong-di-bagikan-subhanallah-teryata.html

Tidak ada komentar: