Jumat, 01 April 2016

SUBHANALLAH!!! INILAH IMAM BESAR MASJIDIL HARAM PERTAMA ASAL INDONESIA..TOLONG DI SHARE EA!!


 Sampai kini kamu mengetahui hanya orang Arab sajalah yang dapat jadi imam besar di Masjidil Haram, Arab Saudi. Tetapi tahukah anda, nyatanya warga Indonesia tepatnya putra Minangkabau, Sumatera Barat pernah didapuk sebagai imam, khatib, sekalian guru besar disana? Tentu penasaran, siapa orang mengagumkan ini. Dia Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi Rahimahullah. Yuk kita berkenalan dengan sosok beliau.

Syaikh Khatib jadi imam besar di Masjidil Haram sekalian mufti bermahzab Syafi'i yaitu ulama yang mempunyai wewenang untuk memberi fatwa pada umat diakhir era ke-19. Dia berdarah Koto Gadang, desa yang di kenal mempunyai keunikan dan warganya sangat intelek ada jaman kolonialisme. Syaikh Khatib lahir di Sumatera Barat pada 26 Juni 1860. Dia pergi ke Kota Makkah di waktu usianya masihlah begitu muda, 9 th.!


Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi Rahimahullah |
Waktu di Makkah, dia berguru dengan sebagian ulama terpenting. Karena sangat fasihnya, Syaikh Khatib adalah tiang tengah dalam mahzab Syafi'i ini. Muridnya sungguh banyak. Beberapa ratus ribu orang datang kepadanya saban hari minta di ajarkan fiqih Syafi'i. Dua di
antara muridnya tentu anda kenal. Mereka yaitu Kyai Haji Hasyim Asy'ari yang membangun organisasi


Nahdatul Ulama, serta Kyai Haji Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah.


Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi Rahimahullah
Selain menguasai pengetahuan fiqih, Syaikh Khatib juga menguasai sejarah, aljabar, pengetahuan falak, berhitung, dan geometri. Canggih banget, ya. Syaikh Khatib kecil belajar agama pada sang ayah, Syaikh Abdul Lathif. Mulai sejak kecil beliau telah khatam serta hafal sebagian juz dalam Alquran. Mantap abis!


Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi Rahimahullah
Syaikh Khatib yang jadi imam besar pertama di Masjidil Haram asal Minangkabau ini pada akhirnya menghembuskan nafas selama-lamanya pada 13 Maret 1916. Walau sekian namanya masihlah terngiang terlebih di kalangan santri serta penerus mazhab Syafi'i. Kita sebagai bangsa Indonesia ikut bangga dengan nama besar beliau. Terlebih beliau masih fasih berbahasa minang walau lama di Makkah. Luar biasa, salut!

 

Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi Rahimahullah


sumber:http://www.pusatberitaharian.com/2016/04/subhanallah-inilah-imam-besar-masjidil.html

Tidak ada komentar: